Cara Terbaik Melunasi Kartu Kredit Agar Bebas Utang

Cara Terbaik Melunasi Kartu Kredit Agar Bebas Utang

Penggunaannya yang mudah nan praktis serta banyaknya penawaran menarik, tak jarang membuat seseorang sulit berhenti menggunakan kartu kredit. Memang benar kartu sakti ini menghadirkan berbagai macam keuntungan, namun jika penggunaannya sendiri dilakukan secara bijak. Sebab, sudah banyak orang yang justru terjebak dengan kebiasaan buruk ketika menggunakan kartu tersebut. Bagaimana agar hutang tidak menumpuk dan segera lunas ? Berikut ulasannya.

  1. Mulai Mengubah Pola Pikir

agar kebiasaan buruk dalam penggunaan kartu canggih ini tidak berlanjut, hal sederhana yang bisa dilakukan yaitu mengubah pola pikir. Cobalah untuk meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu, bahwa anda mampu melunasi hutang tersebut sekaligus menyelesaikan masalah tunggakan kartu dengan baik. Berawal dari keyakinan diri, keinginan untuk terus berusaha menyelesaikan utang akan semakin kuat.

  1. Buatlah Rincian Hutang Piutang

Tanda bila anda telah gagal mengatur rencana keuangan yaitu timbulnya tunggakan tagihan serta adanya penumpukan hutang. Jika menyadari kesalahan tersebut, segera ubah haluan dengan membuat rencana keuangan baru kemudian menyusun kembali semua rencana yang ada. Apabila ada pengeluaran yang tidak terlalu penting, hendaknya dikesampingkan terlebih dahulu untuk memprioritaskan pelunasan hutang.

Apabila dirasa gaji tetap tidak memenuhi kebutuhan serta pelunasan hutang, maka kini saatnya untuk memikirkan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan. Entah itu dengan cara bekerja sampingan ataupun menjadi seorang freeelancer, namun tetap pastikan bila sejumlah dana yang didapatkan halal hasil dari keringat sendiri. Setelah mendapatkannya, silahkan tuliskan secara rinci dengan tetap memprioritaskan pelunasan hutang.

  1. Mulai Hidup Hemat

Agar sejumlah dana yang dimiliki saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, maka perlu untuk memperkecil pengeluaran lalu alokasikan sisanya untuk pembayaran hutang. Ketika penghematan dilakukan dengan cara tepat, kemungkinan besar anda tak perlu sampai memangkas pengeluaran wajib untuk membeli segala kebutuhan harian. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menyisihkan uang untuk ditabung.

  1. Memprioritaskan Dana Untuk Pelunasan Hutang

Ketika anda dililit dengan hutang, ada baiknya untuk mengalokasikan penghasilan untuk pelunasan hutang terlebih dahulu. Niat untuk melakukan investasi hendaknya ditunda terlebih dahulu, dan lakukan kembali ketika tidak ada lagi hutang yang menghantui anda. Meski melunasi hutang itu perlu dilakukan segera, bukan berarti anda bisa mengorbankan dana untuk pemenuhan kebutuhan bulanan.

  1. Menghentikan Penggunaan Kartu Kredit

Cara paling simpel untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, yaitu dengan benar benar menghentikan penggunaan kartu kredit. Dengan alasan apapun, dianjurkan untuk menghindari pengguaan alat pembayaran tersebut sebelum semua hutang dapat terlunasi. Pada awalnya cara ini mungkin berat dijalani, namun kian berjalannya waktu kemungkinan anda sudah terbiasa dan terasa nyaman meski tanpa menggunakan kartu tersebut.

Bisa dikatakan bila ada harga yang harus ditebus bagi sebuah kesalahan, dimana konsekuensinya tetap harus dijalani meski terasa berat. Selama hutang masih belum luna sepenuhnya, silahkan simpan dan jauhkan kartu tersebut dari jangkauan maupun penglihatan anda. Mulai biasakan diri untuk tidak membawa kartu tersebut ketika hendak belanja, atau jika bisa hentikan penggunaan kartu untuk selamanya agar lebih aman.

Apabila digunakan dengan bijak dan sesuai kebutuhan, kartu sakti pun menjadi alat yang membantu dalam setiap proses transaksi pembelian. Sayangnya masih banyak orang merasa kesulitan dalam menerapkannya, dan justru terlilit hutang dalam jumlah yang tidak sedikit. Apabila tidak dihentikan, kemungkinan besar jumlah hutang akan terus bertambah tanpa pernah tertambal. Oleh karenanya, tetap biasakan menabung dan tidak terlalu bergantung dengan kartu tersebut.

Recommended Articles