Deposito atau Saham, Manakah Investasi yang Lebih Menguntungkan?

Deposito atau Saham, Manakah Investasi yang Lebih Menguntungkan?

Untuk yang anda ingin melakukan investasi, maka anda pun akan sering kali merasa bingung ketika memilih investasi. Hal ini dikarenakan memilih produk untuk berinvestasi bukanlah hal yang mudah. Anda pun perlu untuk mempertimbangkan berbagai hal mulai dari keuntungan hingga resiko yang harus anda ambil. Di dalam artikel kali ini, akan diulas mengenai perbedaan dari deposito dan saham. Sehingga nantinya dapat anda jadikan pertimbangan ketika memilih investasi.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Deposito

Deposito merupakan salah satu bentuk investasi yang memiliki resiko yang minim. Hal ini dikarenakan ketika anda menyimpan uang anda pada jenis investasi ini, maka nantinya simpanan uang anda pun akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS dengan memiliki nilai maksimal yakni 2 miliar rupiah. Sehingga nantinya uang anda yang telah diinvestasikan tersebut akan tetap aman meskipun dilikuidasi oleh pihak bank.

Untuk itu, ketika anda menginvestasikan uang anda dalam bentuk deposito, maka nantinya anda akan memiliki resiko yang terbilang cukup rendah. Hal ini dikarenakan deposito juga tidak mengikuti gerakan pasar. Jika anda memilih jenis investasi berupa deposito, maka nantinya bank telah menetapkan besaran bunga deposito tersebut. Yang pada umumnya akan disesuaikan dengan tenor dan juga nilai depositonya.

Umumnya, keuntungan yang akan anda dapatkan ketika ingin memilih jenis investasi satu ini yakni berkisar 4 hingga 7 persen. Sedangkan untuk bunga depositonya sendiri biasanya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan suku bunga tabungan. Untuk bunga depositonya sendiri akan mengikuti suku bunga yang mengacu pada Bank Indonesia. Sehingga pendapatan anda nantinya pun akan cenderung tetap dan mengalami perubahan yang minim setiap tahunnya.

Sekilas Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Saham

Sedangkan ketika anda ingin memilih bentuk investasi dalam bentuk saham, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu saham. Investasi dari saham sendiri merupakan salah satu jenis investasi yang dikenal karena memiliki resiko dengan tingkat yang tinggi. Akan tetapi ketika anda ingin untuk mulai melakukan investasi ini maka anda pun juga akan memperoleh hasil yang tinggi pula.

Sehingga nantinya keuntungan dari investasi saham ini pun akan bergantung pada kinerja dari perusahaan yang anda investasikan serta pergerakan pasar saham. Untuk itu, ketika anda menginvestasikan dana anda melalui saham, maka anda pun akan mengenal istilah capital gain yang merupakan keuntungan dari harga saham yang naik. Serta istilah capital loss atau sering diartikan sebagai kerugian dari penurunan harga saham.

Untuk keuntungan dari saham ini pun akan berbeda dengan deposito yang cenderung memiliki sifat stabil. Untuk anda yang ingin melakukan investasi dalam bentuk saham maka anda pun harus siap mendapatkan keuntungan yang bersifat fluktuatif. Hal ini dikarenakan investasi dengan jenis saham akan bergantung pada pergerakan pasar dan juga kerja keras dari perusahaan yang sahamnya anda beli. Sehingga tak menutup kemungkinan bahwa resiko dari investasi dengan jenis ini sangat besar.

Untuk itu, ketika anda ingin untuk menginvestasikan uang anda maka anda pun perlu untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana keuntungan dan juga kerugian dari investasi tersebut. Sehingga nantinya ketika anda ingin untuk melakukan investasi maka anda telah mengetahui apa saja hal yang anda dapatkan dan kemungkinan kerugian yang nantinya akan anda peroleh. Oleh karena itu, anda pun perlu untuk berhati hati ketika ingin untuk mulai dan memilih investasi.

Recommended Articles