Hindari, 7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Usaha

Hindari, 7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Usaha

Saat mengelola usaha, ada saatnya pelaku usaha melakukan sebuah kesalahan. Apalagi mereka yang belum memiliki ilmu yang cukup dan pengalaman dalam dunia bisnis. Bahkan tidak jarang, kesalahan tersebut merupakan kesalahan yang fatal. Ada kemungkinan jika pelaku bisnis tersebut belum terlalu mengenal kesalahan fatal yang mungkin saja pernah dilakukan. Oleh karena itu, ada baiknya simak 7 kesalahan fatal saat mengelola usaha dalam ulasan ini.

  1. Tidak Tegaan

Rasa tidak tega kadang membuat pelaku bisnis jadi mengurungkan niatnya memecat karyawan ataupun mengeluarkan anggota dari tim bisnis. Padahal karyawan tersebut tidak benar dalam bekerja, kerjanya tidak produktif, atau bahkan ia malah menjadi benalu yang dapat merusak sistem dalam perusahaan. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis harus tega mengeluarkan karyawan yang membawa pengaruh negatif agar tidak memberikan ancaman pada bisnis.

  1. Kasir Merangkap Bagian Keuangan

Jangan pernah menjadikan kasir sebagai pengelola keuangan perusahaan. Pasalnya kasir tersebut berpotensi dapat melakukan manipulasi laporan keuangan. Ada kalanya Anda akan menemukan perbedaan  diantara laporan keuangan dengan kondisi di lapangan. Meskipun pribadi dari kasir tersebut teliti, rapi, dan disiplin. Jangan sekali kali mempekerjakan kasir sebagai pengelola keuangan. Ada baiknya untuk menunjuk orang yang tepat, yang hanya fokus untuk menangani keuangan.

  1. Menyatukan Uang Pribadi Dengan Perusahaan

Kesalahan satu merupakan kesalahan yang sangat fatal. pasalnya ada kemungkinan uang perusahaan tidak sengaja terpakai untuk keperluan pribadi. Sehingga bila tidak disadari, tau tau saldo perusahaan menjadi nol. Dimana dapat membuat usaha menjadi bangkrut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memisahkan pengelolaan uang pribadi dengan uang perusahaan.

  1. Tidak Memiliki Sikap Tegas

Menjadi seorang leader dalam perusahaan sendiri, tentunya membuat Anda memiliki power lebih. Termasuk dalam wewenang mengambil segala keputusan dan membuat kebijakan. Oleh karena itu, perlu untuk bertindak tegas kepada karyawan dan diri sendiri. Agar tidak ada yang melanggar kebijakan yang telah dibuat. Hal tersebut akan membuat Anda dihormati dan juga disegani sebagai pimpinan.

  1. Bagian Pemasaran Menyimpan Uang Terlalu Lama

Pemasaran dan bagian penjualan, ada baiknya tidak menyimpan uang terlalu lama. Pasalnya karakteristik dari bagian pemasaran yakni cenderung susah untuk menyimpan uang. Hingga menyebabkan uang akan menjadi habis karena terpakai. Oleh karena itu, jangan sampai uang perusahaan disimpan oleh bagian pemasaran terlalu lama. Sebaiknya uang tersebut segera disetorkan pada bagian keuangan.

  1. Terlalu Ikut Campur Dalam Hal Teknis

Seorang pemilik usaha seharusnya lebih berfokus kepada pengembangan sistem bukan hal hal teknis. Meskipun sebagai seorang pemimpin juga perlu untuk mempelajari beberapa teknis dalam bisnis yang dijalankan, akan tetapi jangan ikut campur terlalu jauh. Serahkan hal tersebut kepada karyawan yang memiliki tugas untuk mengurus bidang teknis. Jika terlalu ikut campur pada urusan teknis, hal tersebut menjelaskan bahwa Anda tidak percaya kepada karyawan.

  1. Tidak Disiplin

Sikap disiplin merupakan salah satu hal wajib yang harus diutamakan bagi seorang pelaku bisnis. Pasalnya sikap tidak disiplin, akan menyebabkan terjadi kekacauan pada bisnis. Sehingga perusahaan akan sulit untuk berkembang karena banyak hal yang tidak beres di dalamnya. Semakin Anda toleran, maka semakin jauh dari tujuan bisnis yang akan dicapai.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang mungkin dapat terjadi pada saat mengelola bisnis. Tentu saja kesalahan fatal tersebut harus dihindari agar tidak memberikan dampak pada kelangsungan usaha, akibat terburuknya yakni bisnis yang telah dirintis tersebut mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, jika Anda ingin bisnis yang dijalankan tetap berjalan pastikan untuk menghindari kesalahan fatal tersebut.

Recommended Articles