Tipe Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

Tipe Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

Saat ini penggunaan kartu kredit sudah seperti gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari hari. Jika dahulu hanya diterbitkan satu kartu dengan berbagai fiturnya, kini penerbit kartu telah menyedikan berbagai tipe kartu dengan fitur berbeda. Hal ini mengingat kebutuhan yang semakin kompleks, dan akan lebih menguntungkan bila menggunakan kartu yang tepat. Sebelum menggunakannya, kenali dahulu tipe kartu kredit berikut.

Beberapa Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya

  1. Kartu Kredit Reward

Ketika menggunakan kartu ini, penggunanya akan mendapatkan segudang insentif ketika melakukan pembayaran. Insentif yang diberikan pun cukup beragam seperti berupa uang tunai, potongan harga di setiap pembelian tertentu, ataupun dalam bentuk poin. Apabila poin tersebut terus dikumpulkan, nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah sesuai dengan jumlah poin yang dimiliki.

Kartu ini dibagi lagi menjadi beberapa tipe yaitu cashback, point reward, travel point, retail reward, dan juga kartu premium. Tentunya setiap tipe memiliki keuntungan yang berbeda, sehingga penting bagi calon pengguna untuk memahami perbedaannya. Misalnya saja tipe cashback, dimana pengguna akan mendapatkan kembalian berupa uang tunai setiap pembelian tertentu. Semakin sering digunakan, maka pengguna akanmendapatkan cashback semakin tinggi.

  1. Kartu Kredit Standar

Dibandingkan dengan tipe kartu lainnya, bisa dikatakan bila kartu kredit standar yang paling umum dimiliki oleh masyarakat. Hal ini pun didukung dengan banyaknya perusahaan penerbit kertu yang menyediakan tipe kartu standar dengan istilah berbeda. Alasan mendasar kenapa masyarakat senang menggunakan kartu tipe ini, lantaran tidak diperlukan setor uang deposit (tidak memerlukan adanya jaminan) serta pagu (limit) kreditnya ditentukan oleh pihak bank.

Tipe kartu ini dibagi menjadi dua golongan yang terdiri dari bunag rendah dan juga transfer balance. Khusus untuk kartu dengan bunga rendah, umumnya menawarkan suku bunga rendah dalam periode tertentu dan suku bunga akan kembali naik. Kenaikan suku bunganya sendiri, tergantung dari kebijakan setiap bank. Sedangkan kartu transfer balance, memungkinkan sang pemegang kartu mengalihkan saldo tagihan ke kredit lain dengan bunga lebih rendah.

  1. Kartu Kredit Penerbangan

Bagi anda yang sering menggunakan transpostasi udara, tampaknya memiliki kartu ini dianggap mendatangkan segudang keuntungan sendiri. Pasalnya kartu tipe ini dianggap berbeda, dimana poin yang didapatkan dapat ditukarkan dengan tiket pesawat. Jika menggunakan kartu ini, anda bisa mengumpulkan kredit perjalanan ( airline mile credit ) setiap kali melakukan transaksi.

Kartu ini pun dibagi menjadi dua tipe yang terdiri dari kredit maskapai penerbangan dan juga kredit penerbangan generik. Khusus untuk anda yang menggunakan kredit maskapai penerbangan, akan mendapatkan gratis biaya garasi dan hak didahulukan ketika boarding. Sedangkan kredit penerbangan generik, pengguna harus mengumpulkan poin untuk ditukarkan dengan tiket pesawat.

  1. Kartu Kredit Khusus

Sesuai dengan namanya, kartu ini diterbitkan bagi mereka yang membutuhkan kredit tertentu dan banyak digunakan oleh para pelajar maupun pengusaha. Khusus bagi pelajar atau mahasiswa yang masih belum mendapatkan penghasilan tetap, umumnya tidak akan diberikan fitur sebanyak kartu jenis lainnya. Sedangkan untuk kredit bisnis, akan ditawarkan berbagai penawaran menarik seperti pagu kredit lebih tinggi, business reward, dan banyak lainnya.

Tersedianya berbagai tipe kartu sakti, sebagai nasabah cerdas anda harus bisa menyesuaikan dengan kondisi ekonomi dan gaya hidup. Dengan pemilihan tipe kartu kredit tepat, tentu saja keuntungan berlipat sedang menunggu. Meski begitu, jangan lupa untuk tetap sisihkan sejumlah dana yang difungsikan sebagai tabungan. Ketika ada dana simpanan, anda tak perlu lagi khawatir ketika terjadi pengeluaran mendadak yang memerlukan jumlah banyak.

Recommended Articles