Tips Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Orang Tua

Tips Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Orang Tua

Lansia dan manula memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi dari pada orang yang lebih muda. Tidak heran jika terdapat banyak asuransi kesehatan yang diberikan atau dikhususkan untuk orang tua. Mulai dari perusahaan swasta hingga perusahaan negara, ada berbagai macam produk asuransi yang bisa Anda pilih. Namun, pastinya Anda ingin produk yang terbaik untuk Anda ataupun orang tua Anda. Jika demikian, simak tips memilih asuransi berikut ini.

  1. Cari Yang Sesuai Dengan Riwayat Kesehatan

Sebelum Anda mencari jaminan kesehatan, maka ketahui terlebih dahulu riwayat sakit yang akan di tanggung. Biasanya lansia akan memiliki riwayat sakit, hal ini sangat vital untuk Anda ketahui karena tidak semua asuransi menanggung penyakit lama yang pernah diidap. Karena itulah, akan lebih baik jika Anda memilih asuransi yang juga memberi layanan biaya riwayat sakit untuk mengantisipasi penyakit lama kembali menyerang.

  1. Cari Produk dengan Perlindungan Penyakit Kritis

Selain penyakit lama, manula kerap sekali terkena penyakit kritis. Dalam hal ini, penyakit kritis seperti sakit jantung koroner, stroke, kanker, tumor ganas, gagal ginjal dan lainnya bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Ini sangat penting, karena proses pengobatan dan perawatan penyakit tersebut bisa menghabiskan banyak biaya. Karena tidak semua asuransi akan menanggung penyakit tertentu, maka lebih baik Anda pahami persyaratan dan polis asuransi.

  1. Perhatikan Batasan Masuk Usia Asuransi

Tiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan batas masuk usia yang berbeda satu sama lainnya. Umumnya, untuk ketentuan ini datang dalam bentuk rentang usia 60, 70, dan 80 tahun dengan masa proteksi yang berbeda. Ditambah lagi, umur seseorang tidak akan bisa ditebak. Dengan demikian, cari dan pilih jaminan kesehatan yang memberi perlindungan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan ada perusahaan yang menjamin sampai >100 tahun.

  1. Jaminan Yang Menanggung Pengobatan Alternatif

Tidak jarang orang yang sudah mencapai usia lanjut akan merasa ingin menggunakan pengobatan alternatif atau nonmedis. Sebenarnya hal ini cukup wajar terjadi di Indonesia. Alternatif pengobatan seperti bekam, akupuntur, dll. masih menjadi favorit warga. Umumnya, asuransi hanya menanggung biaya pengobatan di rumah sakit. Namun, jika Anda menemukan yang bersedia menanggung pengobatan ini, maka bisa Anda pertimbangkan.

  1. Kenali Dengan Baik Polis Yang Anda Pilih

Sebelum Anda menekan perjanjian dengan perusahaan asuransi, kenali dengan baik polis yang akan Anda pilih. Segala persyaratan, batasan biaya, dll. perlu Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah pre-existing condition dan periode eliminasi. Ketentuan tersebut menjelaskan tentang syarat yang perlu dipenuhi dan jarak jeda waktu klaim dengan waktu sakit. Hal ini penting, karena polis yang sudah ditanda tangani tidak akan bisa diubah lagi.

  1. Alternatif Asuransi Kesehatan Lain

Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan alternatif asuransi lainnya. Salah satunya adalah asuransi yang memberikan dana cash atau tunai. Nantinya Anda, bisa menggunakan uang tersebut untuk menangung kelebihan biaya atau kekurangan biaya pengobatan. Sebenarnya, selain asuransi Anda juga bisa menggunakan metode tabungan tradisional. Cara ini lebih mudah dan biaya simpanan bisa diambil kapan saja.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan bantuan untuk mencari asuransi kesehatan yang terbaik untuk Anda atau orang tua. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah layanan yang tersedia. Pastikan asuransi akan menanggung penyakit lama atau penyakit kritis yang mungkin akan terjadi. Ditambah lagi dengan memahami ketentuan polis dengan baik, dan menyediakan alternatif dana berupa tabungan pribadi untuk menambal kekurangan biaya.

Recommended Articles