6 Tips Bertransaksi Aman & Nyaman dengan Kartu Kredit

6 Tips Bertransaksi Aman & Nyaman dengan Kartu Kredit

Peningkatan kebutuhan serta adanya perkembangan teknologi, tampaknya kehadiran kartu kredit dianggap membawa angin segar karena mampu menjadi alat transaksi yang cukup aman. Hanya mengandalkan sebuah kartu, segala kebutuhan sehari hari sudah bisa tercukupi dengan baik. Meski dikatakan aman, anda perlu untuk tetap berhati hati lantaran masih banyak kasus penipuan terkait kartu sakti tersebut. Berikut tips mudah bertransaksi aman dan nyaman.

Beberapa Tips Mudah Agar Merasa Aman Menggunakan Kartu Kredit

  1. Lakukan Transaksi Online dari Situs Terpercaya

Di jaman canggih seperti sekarang, belanja secara online sudah menjadi aktifitas normal dan sudah menjadi gaya hidup. Kadang kala, anda akan memasukkan informasi kartu kredit saat melakukan pembayaran tanpa berfikir panjang. Agar data tersebut tidak disalah gunakan, silahkan cek situs apakah memiliki reputasi baik atau tidak. Jangan lupa untuk memeriksa kembali adanya keamanan dari situs tersebut, agar data tetap aman tanpa diketahui orang lain.

  1. Waspadai Adanya Email Palsu

Pernahkan anda menerima email aneh yang berisikan tentang permintaan informasi kartu kredit ? Abaikan saja pesan tersebut dan jangan pernah memberikan nomer apapun kepada siapapun itu, bahkan termasuk kepada pihak bank sekalipun. Sebab data tersebut sifatnya sangat rahasia, dan hanya boleh diketahui oleh anda seorang. Apabila ada keraguan dalam diri, silahkan hubungi layanan nasabah ataupun tempat anda berbelanja untuk memastikan kebenarannya.

  1. Waspada Ketika Hendak Bepergian

Hacker masih menjadi kejahatan yang ditakuti masyarakat, lantaran bisa mencuri dan mengakses berbagai informasi pribadi seseorang tanpa meninggalkan jejak. Mengerti akan hal tersebut, sudah sepatutnya untuk lebih berhati hati ketika hendak bepergian ke luar negeri. Jika memungkinkan, silahkan gunakan kartu kredit dari ATM Bank terpercaya. Selain itu, penting untuk memastikan apakah bank mengertahui kemana tujuan anda.

  1. Jangan Pernah Menyimpan Informasi Akun Di Perangkat Pribadi

Smartphone memang menjadi perangkat yang mudah dibawa dan selalu menemani kemanapun anda pergi. Namun ada baiknya urungkan niat menyimpan informasi diri seperti nomer kartu kredit beserta pinnya, agar tetap tersimpan dengan aman ID88. Akan lebih baik menyimpan data tersebut di laptop kesayangan ataupun mencatat di buku khusus. Sebab, sudah bukan pertama kali terjadi kejahatan cryme yang sulit ditemukan jejaknya.

  1. Hindari Penggunaan Wifi Gratis

Demi bisa berselancar di dunia maya dimanapun dan kapanpun, tak jarang seseorang rela menggunakan Wifi gratis tanpa mengetahui adanya resiko setelahnya. Sebab, Wifi gratis seringkali tidak diimbagi dengan perlindungan jaringan yang baik, sehingga siapa bisa menjadikannya peluang untuk melakukan aksi kejahatan cyber. Oleh karenanya, jangan terlena dengan Wifi gratis dan berpaling menggunakan pakete data pribadi saja.

  1. Memperlakukan Kartu Kredit Bak Barang Penting

Apabila anda termasuk orang yang ceroboh dan seringkali menghilangkan barang, hendaknya jangan berlama lama memegang kartu kredit. Apabila kartu tersebut hilang dan diambil oleh onkum tidak bertanggung jawab, ditakutkan akan disalagunakan. Namun tak perlu panik terlebih dahulu, karena anda hanya perlu memastikan kartu tidak tergeletak sembarangan ataupun dipegang oleh orang asing sebagai solusinya.

Sudah bukan menjadi berita baru lagi jika ditemukan penipuan bagi pemegang kartu kredit. Belajar dari banyaknya kasus yang terjadi, anda harus lebih berhati hati meski penggunaanya cukup mudah dan praktis. Bahkan jika memungkinkan, silahkan sisihkan sejumlah uang sebagai tabungan dikala terjadi pengeluaran yang tidak diduga sebelumnya. Meski terdengar sepele, nyatanya hal ini akan sangat membantu di kemudian hari.

Recommended Articles