FAQ Asuransi Jiwa

FAQ Asuransi Jiwa

Kebutuhan Anda akan asuransi jiwa bervariasi sesuai dengan usia dan tanggung jawab Anda. Ini adalah bagian yang sangat penting dari perencanaan keuangan. Ada beberapa alasan untuk membeli asuransi jiwa. Anda mungkin perlu mengganti pendapatan yang akan hilang dengan kematian penerima upah. Anda mungkin ingin memastikan tanggungan Anda tidak menimbulkan hutang yang signifikan ketika Anda meninggal. Asuransi jiwa memungkinkan mereka untuk menyimpan aset versus menjualnya untuk membayar tagihan atau pajak yang belum dibayar.

Konsumen harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut saat membeli asuransi jiwa:

  • Biaya pengobatan sebelum kematian, biaya pemakaman dan pajak tanah;
  • Dukungan sementara anggota keluarga yang tersisa mencoba untuk mendapatkan pekerjaan; dan
  • Melanjutkan tagihan dan pengeluaran bulanan, biaya penitipan anak, biaya kuliah dan pensiun.

Apa Jenis Asuransi Jiwa yang Tepat?

Semua kebijakan tidak sama. Beberapa memberikan perlindungan seumur hidup Anda dan yang lainnya melindungi Anda selama beberapa tahun tertentu. Beberapa membangun nilai tunai dan yang lainnya tidak. Beberapa polis menggabungkan berbagai jenis asuransi, dan yang lain memungkinkan Anda beralih dari satu jenis asuransi ke jenis lainnya. Beberapa polis mungkin menawarkan manfaat lain saat Anda masih hidup. Ada dua jenis dasar asuransi jiwa: asuransi berjangka dan asuransi permanen.

Asuransi Berjangka

Asuransi berjangka umumnya memiliki premi yang lebih rendah di tahun-tahun awal, tetapi tidak membangun nilai tunai yang dapat Anda gunakan di masa depan. Anda dapat menggabungkan asuransi jiwa nilai tunai dengan asuransi berjangka selama periode kebutuhan terbesar Anda akan asuransi jiwa untuk menggantikan pendapatan.

Baca Juga:  7 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Asuransi berjangka melindungi Anda untuk jangka waktu satu tahun atau lebih. Itu membayar manfaat kematian hanya jika Anda meninggal dalam jangka waktu itu. Asuransi berjangka umumnya menawarkan perlindungan asuransi terbesar untuk dolar premi Anda. Ini umumnya tidak membangun nilai tunai.

Anda dapat memperbarui sebagian besar polis asuransi berjangka untuk satu atau lebih persyaratan, bahkan jika kesehatan Anda telah berubah. Setiap kali Anda memperbarui polis untuk jangka waktu baru, premi mungkin lebih tinggi. Tanyakan berapa preminya jika Anda terus memperbarui polis. Tanyakan juga apakah Anda akan kehilangan hak untuk memperbarui polis pada usia tertentu. Untuk premi yang lebih tinggi, beberapa perusahaan seperti Fun 88 akan memberi Anda hak untuk mempertahankan kebijakan yang berlaku selama periode yang dijamin dengan harga yang sama setiap tahun. Pada akhir waktu itu, Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan fisik untuk melanjutkan pertanggungan, dan premi dapat meningkat. Anda mungkin dapat menukar banyak polis asuransi berjangka dengan polis nilai tunai selama periode konversi bahkan jika Anda tidak dalam kondisi sehat. Premi untuk polis baru akan lebih tinggi dari yang Anda bayarkan untuk asuransi berjangka.

Asuransi Permanen

Asuransi permanen (seperti kehidupan universal, kehidupan universal variabel dan seumur hidup) memberikan perlindungan keuangan jangka panjang. Kebijakan ini mencakup manfaat kematian dan, dalam beberapa kasus, tabungan tunai. Karena unsur tabungan, premi cenderung lebih tinggi.

Baca Juga:  10 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli Asuransi Jiwa

Berapa Banyak Asuransi Jiwa yang Saya Butuhkan?

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Berapa penghasilan keluarga yang saya berikan?
  • Jika saya mati, bagaimana para penyintas saya, terutama anak-anak saya, bertahan?
  • Apakah ada orang lain yang bergantung pada saya secara finansial, seperti orang tua, kakek-nenek, saudara laki-laki atau perempuan?
  • Apakah saya memiliki anak yang ingin saya sisihkan uangnya untuk menyelesaikan pendidikan mereka jika saya meninggal?
  • Bagaimana keluarga saya akan membayar biaya akhir dan membayar hutang setelah kematian saya?
  • Apakah saya memiliki anggota keluarga atau organisasi yang ingin saya titipkan uangnya?
  • Apakah akan ada pajak properti yang harus dibayar setelah kematian saya?
  • Bagaimana inflasi akan mempengaruhi kebutuhan masa depan?

Beberapa ahli asuransi menyarankan agar Anda membeli lima sampai delapan kali penghasilan Anda saat ini. Namun, lebih baik melalui pertanyaan di atas untuk mengetahui jumlah yang lebih akurat.

Tips Membeli Asuransi Jiwa

  • Pastikan Anda merasa percaya diri dengan agen dan perusahaan asuransi tersebut.
  • Putuskan berapa banyak yang Anda butuhkan, untuk berapa lama, dan apa yang Anda mampu untuk membayar.
  • Pelajari jenis kebijakan apa yang akan memberikan apa yang Anda butuhkan dan pilih salah satu yang terbaik untuk Anda.
  • Jangan menandatangani aplikasi sampai Anda meninjaunya dengan cermat untuk memastikan jawabannya lengkap dan akurat.
  • Jangan membeli asuransi jiwa kecuali Anda berniat untuk tetap pada rencana Anda. Mungkin sangat mahal jika Anda berhenti selama tahun-tahun awal polis.
  • Saat Anda membeli polis, buatlah cek tersebut dibayarkan kepada perusahaan, bukan agen.
Baca Juga:  5 Tips Berbelanja Asuransi Mobil

Recommended Articles