5 Kesalahan Pemimpin dan Cara Menghindarinya

5 Kesalahan Pemimpin dan Cara Menghindarinya

Sebagai pemilik bisnis kecil, karyawan Anda memandang Anda sebagai seorang pemimpin. Anda diharapkan untuk memotivasi mereka dan membantu mereka sukses. Jika Anda tidak terbiasa mengelola tim, Anda dapat mudah jatuh ke dalam perangkap umum. Lihat 5 kesalahan umum berikut dan cara menghindarinya.

1.      Bertindak Seperti Anda Tahu Segalanya

Mungkin akan memalukan untuk ditanyai jika Anda tidak tahu jawabannya. Tapi, tidak apa-apa jika Anda tidak tahu segalanya.

Jika seseorang mengajukan pertanyaan yang Anda tidak tahu jawabannya, jujurlah. Cari tahu jawabannya apakah dari tim Anda atau sumber lain dan kembali ke karyawan Anda dengan informasi yang benar alih-alih menebak-nebak. Ini tidak hanya akan menunjukkan bahwa Anda rendah hati, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda mempercayai tim Anda dan mengandalkan mereka untuk membantu Anda menjalankan dan mengembangkan bisnis.

2.      Kelola Tim Anda Secara Mikro

Karena bisnis kecil Anda adalah mata pencaharian dan hasrat Anda, mudah untuk berpikir, “Jika saya ingin sesuatu dilakukan dengan benar, saya perlu melakukannya sendiri.” Pemikiran ini dapat menyebabkan Anda kelelahan karena Anda bekerja terlalu keras, dan dapat menyebabkan pengelolaan mikro tim Anda. Saat Anda mengatur mikro staf Anda, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda tidak memercayai mereka untuk menyelesaikan pekerjaan yang Anda pekerjakan untuk mereka lakukan.

Sebaliknya, ingatlah bahwa Anda mempekerjakan setiap karyawan karena suatu alasan dan bahwa mereka membawa pengalaman dan keterampilan mereka sendiri ke perusahaan. Percayalah bahwa tim Anda akan menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.

3.      Hindari Percakapan yang tidak Nyaman

Jika anggota tim Anda memiliki masalah kinerja atau melakukan sesuatu yang tidak pantas, Anda mungkin perlu membicarakannya dengan mereka. Tidak ada yang suka konfrontasi, jadi mudah saja untuk mengabaikan masalah dan berharap masalah itu akan teratasi dengan sendirinya. Sayangnya, mengabaikan masalah hanya akan memperburuk keadaan.

4.      Berikan Motivasi Karyawan Anda

Tim Anda mengharapkan gaji, tetapi uang mungkin bukan satu-satunya hal yang mendorong karyawan Anda untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka. Sebaliknya, mereka mungkin termotivasi oleh waktu istirahat yang dibayar, lebih banyak tanggung jawab, atau pujian.

Cari tahu apa yang mendorong staf Anda hanya dengan bertanya kepada mereka. Saat Anda tahu apa yang menginspirasi tim Anda, Anda akan mampu mendorong mereka maju.

5.      Fokus Pada Hal yang Kecil

Anda ingin bisnis kecil Anda sukses, yang mungkin berarti Anda ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin. Namun, jika Anda hanya berfokus pada pertumbuhan pendapatan, Anda berisiko mengorbankan kesehatan dan kebahagiaan tim Anda, yang dapat menyebabkan pergantian karyawan yang tinggi.

Sebaliknya, pertimbangkan untuk berfokus pada karyawan Anda dan selalu ada untuk mereka setiap hari. Saat Anda fokus pada tim Anda dan pekerjaan mereka, mereka cenderung menjadi lebih bahagia dan lebih terlibat. Karyawan yang bahagia cenderung lebih produktif, yang dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana karyawan yang bahagia membuat bisnis Anda lebih produktif.

Recommended Articles